Sabtu, 23 November 2013

Cara Mengetahui NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional)



Akhir – akhir ini banyak rekan2 yg bertanya kpd saya gimana cara utk nge-check NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional) bagi dosen diseluruh Indonesia, baik yang PTN maupun PTS…mungkin ada beberapa diantara kita yang lupa NIDN nya, atau bahkan belum tau apakah dirinya sudah terdaftar belum dalam data base dosen di Indonesia. Mengingat betapa pentingnya NIDN sebagai identitas akurat untuk pengurusan Sertifikasi  Dosen (Serdos), atau untuk pengurusan / pengajuan Proposal kemanapun,termasuk juga untuk kebutuhan Publikasi Nasional maupun Internasional, maka berikut ini akan coba saya paparkan bagaimana cara untuk mengetahui NIDN kita


1.     Buka link https://forlap.dikti.go.id/
2.    Lalu Klik ikon pencarian data yg terdapat pada sudut paling kanan atas
3.    Setelah itu klik data dosen




4.  Isi kotak perguruan tinggi dengan nama perguruan tinggi tempat kita mengajar dan isi kotak kata kunci dengan nama lengkap kita tanpa title/ gelar
5.    Kemudian klik ikon cari dosen yang berwarna biru dibawahnya

 
6. Hasilnya anda akan menemukan nama anda besarta NIDN dan institusi dimana anda terdaftar sebagai staf pengajar.
Cukup mudah bukan? ;)
Itulah tadi langkah2 yg diperlukan untuk mencari nidn kita…Semoga tulisan singkat ini dapat membantu rekan2 sekalian…

43 komentar:

  1. trim bu dokter, saya coba dan dapat, bermafaat sekali see you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali pak muhammad nuh..smoga bermanfaat.. :)

      Hapus
  2. Mohon maaf sebelumnya, setelah dipraktekkan saran ibu nomornya belum saya temukan, mohon dicarikan atas nama:
    Mansur Chadi Mursid
    STAIN Pekalongan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf pak apakah tahun lahir bpk 1982 ? Terima kasih pak

      Hapus
    2. terima kasih atas tutorialnya...saya sudah mencoba, dan NIDN atasan saya masih belum muncul..mungkin sedang update data di PDPT-nya,..

      sukses selalu

      Hapus
    3. iya pak..terkadang memang websitenya eror atau bagaimana..terkadang selama beberapa hari bahkan minggu lamannya tdk dpt dibuka, namun terkadang dpt dgn mudah terbuka..
      btw, terima aksih sudah berkunjung di blog saya pak :)

      Hapus
  3. Balasan
    1. sama2 pak yesser..
      btw apa kabar pak? btw, makasih loh yaa sudah mampir di blog saya ini :)

      Hapus
  4. Saya sudah coba juga belum ketemu NIDN nya. Mohon dicarikan atas nama saya
    Ahmad SP
    UIN Malang

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagaimana pak sudah mengetahui nidn nya belum? maaf atas keterlambatan respon nya...

      Hapus
  5. Assalamualaikum.
    saya sudah mencoba langkah tersebut,tetapi tidak bisa menemukan NIDN dosen yg saya cari.hanya biodatanya saja yang keluar.saya sedang hutuh sekali NIDN dosen politeknik negerii bandung atas nama Mamun Sutisna.jika ibu berkenan mohon untuk dibantu hu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa''alaikum salam mbak.. sudah saya bantu mencarinya mbak..
      NIDN nya 0002056205 atas nama Drs. MAMUN SUTISNA, S.Sos., M.Pd.
      mohon maaf atas keterlambatan respon nya krn mimin sedang disibukkan dgn tugas kantor bbrp waktu yll :) btw terima kasih sudah berkunjung ke blog ini

      Hapus
  6. bu, kalau pasword lupa ketika login pengisian SIPKD bagaiman cara nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saran saya, ibu dapat klik menu help..pd lama tersebut..atau juga dapat ditanyakan langsung pd biro rektorat bagian IT di institusi ibu, terima kasih bu :)

      Hapus
  7. Terimakasih atas informasinya, mohon maaf sebelumnya saya telah mempraktekan saran Ibu namun yang muncul hanya nama saja tanpa nomor NIDN. mohon bantuan informasi selanjutnya. Terimakasih banyak Bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh saya bantu? nama, nip dan institusi nya dmn ya?

      Hapus
  8. saya juga coba, udah keluar datanya tapi ga ada no NIDN nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf pak..mungkin lama nya sedang dlm perbaikan..
      atau bs saya bantu pak..mohon sertakan nama lengkap dan institusi bpk

      Hapus
  9. nama saya USMAN Y TANTU , saya punya nidn, tapi lupa, bagaimana caranya saya mengetahuinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba bpk ikuti tips2 di atas..namun jika tdk berhasil..bpk bisa kirimkan data berupa nama lengkap, nip dan asal institusi ke alamat email saya titamenawati@gmail.com untuk fast response pak.. (agar saya bisa bantu carikan, trims)

      Hapus
  10. mohon maaf mbak belum bisa kebuka. bisa minta tolong dicarikan

    BalasHapus
  11. boleh pak..tolong kirim kan nama lengkap dan asal institusi bapak..agar saya bisa carikan nidn bapak..trims :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mb bisa bantu saya, saya sudah coba namun tidak dapat NIDN
      nama saya Nurlinda mengajar di LP3I Medan
      terimakasih sebelumnya ya mbak.

      Hapus
    2. mohon maaf saya baru aktif kembali di web ini...
      ini adalah NIDN ibu : 0124098003 semoga bisa membantu ya bu, trims

      Hapus
  12. trims mbak sgt membantu.tp sy blm bs dpat .nidn sy mbak ats nama fitriani,nip 197510092009122002.dari universitas malikussaleh.trims mbak

    BalasHapus
  13. Mhon bantuannya mbaa..
    DEFIANA ARNALDY -Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
    mnta nip or nidn nya, *klo bsa skr ya mbak* (genting)
    #Maf maksa
    trimss..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf pak..saya baru membaca pesan dari anda..
      NIDN : 2001128101

      Hapus
  14. Ass..terima kasih atas kutemukannya blog ini...mhn kami dibantu cari NIDN saya : Achmad Siddiq NIP 19750720200501 1003 UIN Sunan Ampel Surabaya

    BalasHapus
  15. assalamualaikum,
    mohon bantuan bapak untuk mencai NIDN atas nama saya Nila Kencana, S.Pd., M.Pd. Dosen Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Bengkulu. terimkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. wss....
      mohon maaf atas keterlambatannya... NIDN ibu 0222097401
      semoga dapat membantu ya bu...trims

      Hapus
  16. kepada yth. ibu Sylvia Ritta Marunduh yang telah menanyakan kpd saya brp NIDN nya..mohon maaf pesan dari ibu terhapus..ini adalah NIDN ibu 0029077003
    semoga masih dpt bermanfaat ya bu.. :)
    @sylviamarunduh

    BalasHapus
  17. assalamualaikum.. Mohon bantuan mencari NIDN atas nama Roni Tabroni, M.A, dosen STKIP Pangeran Dharma Kusuma Segeran Juntinyuat Indramayu. Terima kasih.

    BalasHapus
  18. tolong dibantu mbak...
    Yusni Seprida, S.AB., M.AB
    Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Setih Setio Muara Bungo.
    Makasih mbak.

    BalasHapus
  19. https://forlap.dikti.go.id/

    maaf revisi
    http://forlap.dikti.go.id/ tanpa s.,
    oy, Minta tolong untuk NIDN SLAMET BUDI PRAYITNO dari UNIVERSITAS DIPONEGORO.
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih banyak pak atas revisinya..dan saya mohon maaf atas keterlambatan dlm membls pertanyaan anda..
      nidn bpk slamet : 19550628 1981031005 smoga dpt membantu trims

      Hapus
    2. Maaf pak maksud saya nidn bpk slamet budi p adalah 0028065505

      Hapus

Silakan berkomentar dengan bijaksana dan menggunakan hati nurani serta tanpa mengandung unsur SARA,Sex dan Politik